Sinergi Media Sejati dan Kontribusi Membangun Generasi Sehat di Sekolah Melalui Media Promosi Kesehatan yang Baik

Tentang Tantangan Menuju Sekolah Sehat

Sekolah sehat menjadi sebuah nilai menjadi tanggung jawab untuk dibangun oleh sebuah sekolah. Tentu saja sekolah sehat tidak akan terwujud tanpa pengelolaan pendidikan kesehatan yang terstruktur.

Di era sekarang, sekolah bukan melulu diukur dengan prestasi akademik. Sekolah yang baik harus mampu menyediakan pendidikan kesehatan yang baik yang dapat membentuk perilaku sehat bagi anak didik di masa mendatang. Dalam konsep pilar  perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, pemerintah telah menetapkan indikator-indikator perilaku sehat yang harus dibiasakan sejak di bangku sekolah yaitu :

  • Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun.
  • Mengonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah.
  • Menggunakan jamban yang bersih dan sehat.
  • Olahraga yang teratur dan terukur.
  • Memberantas jentik nyamuk
  • Tidak merokok di sekolah
  • Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan.
  • Membuang sampah pada tempatnya.

Selain perilaku hidup bersih dan sehat, dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan siswa, di sekolah telah lama ada konsep UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Usaha Kesehatan Sekolah disingkat UKS atau Unit Kesehatan Sekolah adalah program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah. Melalui Program UKS diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal, agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Lebih dari sekedar sebuah ruangan untuk menangani dan menampung siswa sakit di sekolah, UKS adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan, membimbing untuk menghayati, menyenangi, dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari.

Dalam UKS terdapat tiga program yang disebut Trias UKS meliputi Pendidikan Kesehatan yang diintegrasikan dengan semua mata pelajaran, pelayanan kesehatan di sekolah dengan adanya poliklinik (bagi sekolah yang mampu), serta Pembinaan lingkungan sekolah sehat.

Selain UKS, di sekolah juga mengembangkan UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah). UKGS merupakan upaya kesehatan masyarakat yang ditujukan untuk memelihara, meningkatkan  kesehatan gigi dan mulut seluruh peserta didik di sekolah binaan yang ditunjang dengan upaya kesehatan perorangan berupa upaya kuratif bagi individu (peserta didik) yang memerlukan perawatan kesehatan gigi dan mulut.


Ketersediaan Media Edukasi dan Promosi Kesehatan bagi Siswa

Salah satu komponen yang dibutuhkan dalam pembelajaran menuju sekolah yang berwawasan kesehatan adalah kecukupan media promosi kesehatan yang ada di sekolah. Dalam perjalanannya, seluruh proses pembelajaran yang ada di sekolah merupakan tanggung jawab guru, tentu hal ini cukup membebani para guru dan semua staf ketika sekolah masih harus memikirkan bagaimana pendidikan kesehatan seharusnya berlangsung dan terpapar pada semua peserta didik.

Dalam hal pemenuhan perangkat edukasi dan promosi kesehatan siswa, di era saat ini pengadaan atau penyediaan media promosi kesehatan jauh lebih mudah dibandingkan dengan satu atau dua dekade lalu. Saat ini sangat banyak penyedia-penyedia produk media promosi kesehatan untuk sekolah di berbagai platform digital. Kemendikbud juga mendukung penuh hal ini melalui penguatan UMKM yang dihubungkan dengan sekolah melalui aplikasi siplah. SIPLah adalah inovasi dalam pengadaan barang/jasa Satuan Pendidikan untuk meningkatkan transparansi dan kemudahan bagi Satuan Pendidikan (Satdik) dalam administrasi dan pelaporan serta bagi UMKM untuk turut serta hadir sebagai penyedia barang dan jasa di SIPLah.

Terdapat beragam kebutuhan sekolah akan media promosi kesehatan. Diantaranya : poster, buku-buku kesehatan sekolah, banner, dan beragam model media promosi kesehatan untuk menampilkan pesan-pesan hidup sehat kepada siswa. contoh poster

Keterbatasan Waktu dan Tenaga dalam Manajemen Promosi Kesehatan di Sekolah.

Lingkup proses pendidikan di sekolah yang menjadi beban guru dan staf sangatlah banyak, seperti mendidik dan mengajar anak, ujian, akreditasi sekolah, sertifikasi guru, beban administrasi dan beragam beban kerja bagi guru dan staf tentu cukup menjadi hambatan tersendiri bagi sekolah untuk bisa optimal dalam pengelolaan upaya promosi kesehatan di sekolah. Selain itu, dalam pengelolaan upaya promosi kesehatan di sekolah, umumnya sekolah mengalami kendala dalam mendapatkan supplier yang kredibel dan mampu memenuhi kebutuhan sekolah akan media promkes. Umumnya penyedia promkes yang berada di sekolah tidak memiliki kecukupan materi dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Memang dalam pengadaannya sekolah bisa mengoptimalkan sistem pembelanjaan secara online, akan tetapi kendala yang sering muncul adalah adanya anggapan bahwa pembelanjaan model online lebih susah terkait pertanggungjawaban atau hal-hal yang berkaitan dengan SPJ. Padahal sebenarnya permasalahan ini dapat diselesaikan dengan mudah jika kita bisa mendapatkan nota asli dari tokonya. Kita dapat meminta untuk dilampiri nota toko asli, bahkan sekalipun jika memang membutuhkan materai, kita dapat memintanya. Karena bukankah pada dasarnya mendapatkan nota dan stempel resmi merupakan hak kita ata transaksi yang kita lakukan? Jika kita membeli pada toko yang kredibel, tentu masalah-masalah seperti ini sangat mudah kita dapatkan solusinya.

Menata Konsep Edukasi dengan Media Promosi Kesehatan

Apa saja permasalahan yang kerap menghambat penyediaan medi promosi kesehatan di sekolah?

Pertama, sebagaimana diuraikan diatas, beban kerja guru yang sudah cukup berat. Kondisi ini menjadikan tidak ideal jika guru harus berpikir bagaimana menciptakan tata graha yang baik di sekolah khususnya dalam hal media promosi kesehatan.

Kedua, beban administrasi dan pertangjawaban keuangan. Hal ini juga menjadi tambahan beban kerja tersendiri. Didukung oleh fakta di lapangan bahwa tidak sedikit tenaga pendidik yang tidak terlalu familier dengan aplikasi dan pembelanjaan terkait aplikasi.

Ketiga, dukungan dana operasional di sekolah yang tidak merata. Dalam hal pembiayaan di sekolah, kami kerap kali menemukan kesenjangan kemampuan beli antara sekolah satu dengan sekolah lainnya.

Di Sinergi Media Sejati, kami berusaha meringkas berbagai kerumitan yang ada dalam upaya pengadaan kebutuhan media promosi kesehatan dengan menyediakan produk-produk yang telah kami kelompokkan berdasarkan substansi dan kebutuhan dasar pada tiap-tiap sekolah. Kelebihannya adalah, pengadaan media promkes tidak melebar kemana-mana. Sekolah tinggal menentukan, mana kebutuhan yang dianggap primer dan mana yang bisa disingkirkan atau ditunda pengadaannya sementara waktu.

Di Sinergi Media Sejati, kami menyediakan beragam produk edukasi kesehatan untuk kepentingan sekolah. Berbagai produk ini bisa Anda dapatkan dengan cepat, mudah dan efisien. Bukan hanya produk media promosi kesehatan, kami juga menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana penunjang kebutuhan sekolah, khususnya yang terkait dengan tata graha dan media promosi kesehatan. Semua produk kami bisa Anda dapatkan dengan cepat dan mudah melalui beragam platform Siplah

  1. Poster Sekolah Sehat Prestasi Meningkat
  2. Poster Trias UKS 1
  3. Poster Trias UKS 2
  4. Poster Trias UKS 3
  5. Poster Stop Bullying 1
  6. Poster Stop Bullying 2
  7. Poster Stop Bullying 3
  8. Poster Stop Kekerasan Anak
  9. Poster Budayakan Sarapan
  10. Poster Memilih Jajanan Sehat
  11. Poster Kesehatan Gigi
  12. Poster Tingkatkan Prestasi Sekolah
  13. Poster Kantin Sehat
  14. Poster Tut Wuri Handayani
  15. Poster Ki Hadjar Dewantara
  16. Poster Ayo Tanam Toga
  17. Poster Tanaman TOGA
  18. Poster Stop Kekerasan Perempuan
  19. Toilet Guru/Karyawan
  20. Papan Nama Ruang : Mushola
  21. Papan Nama Ruang : Perpustakaan
  22. Toilet Siswa
  23. Papan Nama Ruang : R. Kepsek
  24. Papan Nama Ruang : Ruang UKS
  25. Papan Nama Ruang : Ruang Guru
  26. Papan Nama Ruang : Ruang Guru

Kami memiliki ratusan jenis produk yang semuanya kami tayangkan di toko siplah kami yang dapat Anda kunjungi melalui link berikut :

Sinergi Media Sejati di Siplah Kemendikbud

Khusus untuk Wilayah Kediri Raya, Anda juga dapat mengunjungi marketing galeri kami yang ada di Perum Pesona Kota E2/4 Kwadungan, Ngasem Kediri. Kami juga secara aktif mengunjungi sekolah-sekolah guna mensosialisasikan produk-produk unggulan kami ke sekolah. Apabila Anda menginginkan kunjungan, berkonsultasi mengenai pengadaan, Anda dapat pula menghubungi kami di Nomor Whatsapp 081234240560 atau klik untuk terhubung melalui Whatsapp

Dengan kemudahan akses pada produk edukasi, diharapkan akan memudahkan sekolah dalam menyediakan media secara cepat dan efisien. Melalui ketersediaan media promosi kesehatan yang cuckup diharapkan semua peserta didik dapat terpapar edukasi yang selanjutnya dapat meningkatkan perilaku sehatnya sejak di bangku sekolah.

Contoh Poster Sekolah Sinergi Media Sejati

Contoh Produk Poster Sekolah Sinergi Media Sejati

Contoh Produk Poster Sekolah Sinergi Media Sejati

“Menahukan” peserta didik, “memaukan” peserta didik untuk berperilaku sehat tentu menjadi kewajiban yang tidak bisa hanya dibebankan pada guru atau faskes saja, melainkan harus bersinergi dengan semua sektor, termasuk didalamnya adalah seluruh stake holder. Karena prestasi yang baik berasal dari sekolah yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *