Menjaga Tampilan Ruang Usaha tetap Estetis Meski Banyak Tempelan Poster Covid-19

Di masa penerapan new normal ini, perusahaan, instansi, swalayan dan berbagai bidang usaha tentu cukup direpotkan dengan berbagai macam atribut terkait pencegahan penularan Covid-19. Sebagian pihak mungkin saja merasa terganggu dengan kewajiban-kewajiban ini. Semacam kewajiban untuk menyediakan sarana cuci tangan, poster-poster pencegahan Covid-19 dan semacamnya.

Namun demikian, satu pemahaman mendasar yang harus dimiliki oleh semua pelaku usaha yakni :

  • Covid ini masalah bersama yang membutuhkan penanganan bersama, dengan kata lain iklim usaha tidak akan jalan jika Covid ini tidak tertangani, dan dampaknya sudah pernah dirasakan oleh pengusaha di berbagai sektor setidaknya sejak Maret hingga Mei 2020
  • Apabila pemberlakuan new normal ini gagal, kita selaku pelaku usaha harus bersiap-siap menelan pil pahit gelombang kedua Covid-19 yang imbasnya pasti akan lebih dahsyat dari periode sebelumnya.

Tampilan usaha adalah cerminan jati diri perusahaan kita.

Semua sepakat akan hal tersebut, artinya apapun bidang usaha Anda, tentu Anda akan mengupayakan tampilan terbaik untuk mencitrakan bahwa perusahaan kita menarik dan profesional. Lalu bagaimana menata perusahaan kita di masa pendemi ini? Bagaimana mengupayakan agar kita tetap dapat memenuhi kebutuhan sosialisasi yang cukup dan proporsional namun kita tetap dapat mempertahankan estetika perusahaan kita ? Berikut kiat-kiatnya.

Pertama, jangan asal pasang. Pertimbangkan bahwa sesuatu yang akan Anda pasang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat memulai dengan memetakan kebutuhan. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda bisa membaca syarat-syarat yang dibutuhkan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, artikelnya bisa Anda baca disiniĀ Tetapkan apa dan dipasang dimana, ini yang terpenting sebelum memutuskan untuk membeli, entah itu poster, stiker, botol hand sanitizer dan sejenisnya. Petakan dari pengunjung masuk sampai meninggalkan area toko atau ruang usaha Anda.

Kedua, tetapkan list yang akan Anda sediakan, ini sangat penting untuk Anda lakukan terutama jika Anda hanya memiliki tempat usaha dengan space yang terbatas. Tentu Akan menyulitkan dan bahkan membuat ruwet tampilan jika di lokasi yang hanya berukuran 3 meter persegi saja Anda menempelkan 10 macam poster. Tampilan toko Anda akan sangat semrawut. Misalkan Anda diwajibkan memasang informasi tentang penyebaran, penularan, gejala Covid-19. Anda tidak perlu memasang 3 poster. Anda bisa menggunakan cukup 1 poster. Berikut contohnya :

Ketiga, pilihlah produk-produk terbaik. Pilihlah berdasarkan tingkat keterbacaan desain, dan juga mutu atau kualitas produk yang dijual. Di marketplace baik itu tokopedia, bukalapak, maupun shopee terdapat beragam toko yang menyediakan perlengkapan produk sosialisasi Covid-19 untuk tempat usaha. Apabila Anda membutuhkan link yang mudah dan langsung terhubung dengan list-list produknya Anda dapat menemukannya melalui tautan disini.

Berikut kami rangkum mulai dari pengunjung masuk hingga keluar ruang usaha Anda.

Wastafel portabel, ini merupakan tampilan sentral yang menjadikan kesan pertama perusahaan Anda. Berhati-hatilah dalam memilih produk untuk pemenuhan item ini. Hindari menggunakan botol bekas cat, apalagi pemasangan yang asal-asalan akan berakibat akses masuk ruang usaha Anda menjadi becek dan sangat tidak elegan. Upayakan tata letak sabun cair yang mudah diakses, jumlah sabun cair memadai dan botol yang digunakan adalah botol pump berlabel. Jangan gunakan botol bekas kecap atau saos, karena itu sangat tidak menarik. Tips tambahan, untuk sabun cair Anda bisa menggunakan sabun cair antiseptik biasa dan dianjurkan untuk diencerkan dengan air secukupnya. Karena apabila sabun tidak Anda encerkan, dengan pemakaian sedikit akan menghasilkan busa yang sangat banyak, dan ini sangat boros terhadap kebutuhan air untuk pencuci tangan. Pada sekitar sarana pencuci tangan letakkan stiker cara cuci tangan. Atau Anda juga dapat menggunakan petunjuk cara cuci tangan model akrilik dengan mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan tentu lebih besar.

Akses pintu masuk, Anda dapat mensosialisasikan syarat wajib masuk toko atau ruang usaha Anda. Ini dapat saya katakan adalah protokol yang wajib Anda pasang dan implementasikan sebagai bentuk kedaulatan toko Anda. Ini juga sekaligus sebagai indikator kesan pertama yang menunjukkan bahwa Anda care terhadap kesehatan dan keselamatan semua pengunjung. Tidak boleh ada pengunjung yang tak bermasker atau tak mencuci tangan, karena ini membahayakan kesehatan pengunjung yang lain.

Ilustrasi kawasan tertib. Silahkan klik untuk link produk

Ada empat hal pokok yang harus Anda jadikan budaya baru di ruang usaha Anda : (masuk) wajib pakai masker, (datang) cuci tangan, (di dalam) tidak boleh jabat tangan dan selalu menjaga jarak.

Pembatasan jarak pengunjung, dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan, apakah itu di ruang tunggu, di antrian pembayaran, atau di tempat-tempat lain yang berpotensi terjadi ketidakpatuhan dalam menjaga jarak. Di Syafana terdapat banyak pilihan untuk mengimplementasikan itu misalnya :

  1. Stiker untuk kursi tunggu
  2. Stiker untuk kursi tunggu model bulat
  3. Stiker untuk batas antrian model memanjang
  4. Stiker batas antrian untuk lantai, model bulat

Untuk mengingatkan tentang pentingnya menjaga jarak, mungkin Anda membutuhkan satu media entah itu poster maupun stiker. Jangan lupa pula untuk menyediakan satu botol jenis hand sanitizer untuk area kasir.

Mengatur arah pengunjung. Ini adalah poin yang harus Anda atur sedemikian rupa agar pengunjung bisa dikondisikan untuk satu arah saja. Anda bisa menggunakan sign anak panah atau tapak kaki untuk mengatur arahnya. Pengaturan ini harus memudahkan pengunjung dari pertama kali masuk, sampai dengan keluar. Silahkan klik untuk contoh.

Pertimbangkan menggunakan produk terbaik. Di Syafana kami menyediakan lebih dari 20 produk yang dapat Anda pilih berdasarkan kebutuhannya melalui tautan ini

Produk Sosialisasi Covid-19

Prioritaskan keselamatan pekerja, ini sangat penting mengingat apabila pekerja Anda terpapar Covid-19 maka itu akan berpengaruh pada kelangsungan usaha Anda dan menyulitkan tracing ketika terjadi penularan kepada pengunjung Anda. Guna memenuhi kondisi ini Anda harus memperhitungkan penataan/layout karyawan, pramuniaga, kasir maupun customer service yang berpotensi terjadi kontak dengan customer Anda.


Demkian kiat-kiat dan aspek-aspek yang harus dipertimbangkan dalam penataan ruang usaha agar tetap rapi dan elegan meskipun kita membutuhkan banyak properti untuk menyambut era new normal ini. Tetap sehat dan tetap selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *