Rekam Medik

Rekam medik adalah aset paling berharga bagi sebuah sarana pelayanan kesehatan. Rekam medik merupakan bukti pencatatan fisik yang masih relevan dan sangat dibutuhkan dalam dunia medis hingga kini dan tetap bertahan di tengah gempuran software yang menawarkan beragam kecanggihan teknologi sebuah perekaman data kesehatan. Bahkan jika dibandingkan dengan pengarsipan resep (obat) rekam medik mempunyai tingkat kompleksitas dan kerumitan yang lebih tinggi. Apa saja kekhususannya ?

  • Wajib aksesibel : fast aksesibel dalam konteks rekam medik bukan hanya menyangkut adanya sebuah kejadian melainkan menyangkut waktu tunggu dan kecepatan pelayanan.
  • Tidak boleh terjadi duplikasi data : Bagi Anda yang berkecimpung di sarana pelayanan kesehatan tentu Anda pernah mengalami seorang pasien yang mempunyai dua bahkan tiga map rekam medik. Ini tidak boleh, namun probabilitas hal ini terjadi adalah sangat besar. Terutama bagi sarana pelayanan kesehatan yang tidak mempunyai sistem pencatatan yang baik. Pasien membludak, RM tidak segera dapat diketemukan, lalu dibuatkan RM baru.
  • Harus diamankan : Selama ini masih cukup banyak sarana pelayanan kesehatan yang menyimpan RM dengan ala kadarnya. Bahkan tidak ada sekat dan semua orang mempunyai akses untuk masuk ke dalamnya. Masih ada yang tidak menyediakan ruangan khusus penyimpan rekam medik.
  • Harus terjamin kerahasiaannya : Rekam medik bersifat privat dan merupakan dokumen rahasia sehingga seharusnya hanya boleh diakses oleh orang/profesi/kepentingan tertentu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Faktanya, perlakuan terhadap RM seringkali masih ala kadarnya. Bahkan profesi RMpun masih diakui sebatas penunjang dalam suatu fasilitas kesehatan. Hal ini nampak dari misalnya, masih adanya sarana pelayanan kesehatan yang tidak memiliki tenaga fungsional dari disiplin ilmu rekam medik, masih belum terpenuhinya sarana dan prasarana RM di puskesmas misalnya : rak yang representatif, ruangan, map penyimpan, tracer dan lain-lainnya.

Penataan RM sebagai sebuah upaya perbaikan sistem

Map rekam medik yang baik menjadi salah satu bagian dari tata kelola rekam medik. Sebenarnya tidak hanya map RM yang baik, melainkan kelengkapan isi RM seperti form-form yang dibutuhkan, kepatuhan pengisian RM, pengisian riwayat alergi, efek samping, KIE yang diberikan, dan kelengkapan lain yang diamanatkan oleh EP. termasuk didalamnya adalah pemenuhan rak dan ruang yang mendukung terlaksananya tata kelola rekam medik sebagai sebuah unit pelayanan.

Dalam menunjang berjalannya sistem tersebut, anda tentu membutuhkan sebuah sarana berupa map RM. Map rekam medik yang baik akan mudah ditata, map RM yang mudah ditata akan mudah untuk diakses, map RM yang mudah diakses akan menunjang kemudahan akses dan memperpendek waktu tunggu pelayanan pendaftaran, danĀ  meminimalisir resiko kesalahan dalam pelayanan klinis pasien.

 

Jika Anda tengah merencanakan perombakan terhadap sarana penyimpan MAP RM, kami siap menyediakan map rekam medik dengan kustomisasi desain yang akan membuat rekam medik di tempat anda berbeda dari sebelumnya. Dengan layanan pengiriman ke seluruh Indonesia, kami memberikan produk kami memiliki banyak keunggulan :

  • Desain full color sesuai keinginan anda
  • Ukuran lebih besar
  • Jaminan material lebih tebal (kami menggunakan kertas marga 310)
Informasi mengenai produk rekam medik kami silakan klik pada link berikutĀ 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *