Lembar Balik Penyakit Tidak Menular

Ada banyak hal harus kita pertimbangkan sebelum memilih suatu bentuk media promosi kesehatan. Termasuk dalam hal ini adalah lembar balik atau flipchart. Lembar balik secara teoritis cukup efektif untuk digunakan sebagai media promosi kesehatan dalam cakupan sasaran yang terbatas seperti misalnya konsultasi, pemberian informasi, atau model komunikasi interaktif lain yang bersifat komunikasi langsung antara komunikator dengan komunikan.

Pada dasarnya lembar balik ini adalah kumpulan poster yang disusun secara sistematis berdasarkan urgensi atau prioritas sebuah permasalahan yang akan diintervensi. Membuat lembar balik memerlukan kajian yang cukup mendalam pada area permasalahan kesehatan sesuai tema yang dibuat. Lembar balik sendiri memiliki banyak kelebihan yang terselip dibalik kerumitan pembuatannya.

Tersedia dalam versi e-book. Dapatkan melalui google play atau google book

Terdapat beberapa permasalahan yang menurut hemat saya cukup relevan dibuat media promkesnya dalam bentuk lembar balik seperti misalnya masalah stunting, sanitasi, PHBS, penyakit tidak menular dan lain-lain. Sebagai contoh misalnya penyakit tidak menular. Penyakit tidak menular merupakan penyakit yang tidak bisa ditularkan kepada orang lain, bukan disebabkan oleh vektor, virus atau bakteri. Contohnya stroke, hipertensi, jantung diabetes dan lain-lain. Banyak faktor yang membuat penanganan penyakit ini dilakukan dengan langkah-langkah intervesi yang serius di fasilitas kesehatan. Beragamnya permasalahan yang mengiringi semakin naiknya prevalensi PTM inilah yang mendasari saya menyusun media promosi kesehatan dalam bentuk Lembar Balik Penyakit Tidak Menular. Ada banyak penanganan yang bisa kita lakukan untuk mendorong masyarakat khususnya lansia untuk berperilaku sehat.

Apakah tema penyakit tidak menular ini relevan jika disajikan sebagai media promosi kesehatan dalam bentuk lembar balik? Terdapat beberapa pertimbangan yang membuat media ini relevan dan sangat diperlukan untuk edukasi berbasis penyuluhan:

  1. Sistematika permasalahan yang bisa diinventarisir. Permasalahan terkait PTM ini bisa diselaraskan dengan kebijakan kebijakan terkait penanganan kesehatan lansia seperti slogan CERDIK, penanganan hipertensi, diabetes dan penyakit-penyakit degeneratif lainnya.
  2. Hampir semua faskes memberikan prioritas khusus dalam penanganan kesehatan lansia.
  3. Materi PTM dengan sasaran lansia lebih sesuai disampaikan melalui diskusi atau edukasi personal antara petugas dengan pasien atau keluarga pasien. Ini akan lebih mengena jika dibandingkan dengan media promkes dalam bentuk komunikasi massa seperti misalnya poster.

 

 

Lembar Balik Penyakit Tidak Menular

Lembar balik PTM ini disusun dengan sistematika materi sebagai berikut

  • Apa itu PTM
  • Serba Serbi PTM
  • Faktor Risiko PTM
  • Kenali Beberapa Macam PTM
  • Penyakit Jantung Koroner
  • Hipertensi
  • Diabetes Mellitus
  • Obesitas
  • Kolesterol
  • Penyakit Paru Obstruksi Kronis
  • Glaukoma
  • Kesehatan Jiwa
  • Cegah PTM dengan Cerdik
  • Cek Kesehatan secara Rutin
  • Enyahkan Rokok
  • Rajin Aktivitas Fisik
  • Diet Seimbang
  • Istirahat Cukup
  • Kelola Stress
  • Mulai Cerdik sejak Sekarang

Sebagian gambar dan materi kunci didesain menggunakan pola adaptive design terhadap materi yang dikeluarkan oleh Kemenkes. Gambar-gambar dan teks tersusun dengan sistematis dan cukup mudah untuk disampaikan

Saya selalu menjaga mutu, estetika dan validitas atas semua produk yang saya dedikasikan untuk teman-teman tenaga kesehatan khususnya teman-teman promkes maupun nakes lain yang bersinggungan langsung dengan para lansia. Lembar balik ini dicetak diatas kertas ivory dengan ketebalan 230 gsm, cetak full color dan dengan kombinasi gambar-gambar serta teks yang mudah untuk disampaikan.

Saat ini buku ini sudah tersedia di marketplace, Anda dapat dengan mudah membelinya melalui tautan berikut :

Selamat mengedukasi.

1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  11  12  13  14


Indeks Artikel


  1. Lembar Balik Stunting
  2. Lembar Balik ASI Eksklusif (Edukasi Menyusui Eksklusif)
  3. Lembar Balik Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA)
  4. Lembar Balik Isi Piringku
  5. Lembar Balik 12 Indikator Keluarga Sehat
  6. Lembar Balik PHBS
  7. Lembar Balik Kesehatan Ibu dan Anak
  8. Lembar Balik Kesehatan Reproduksi
  9. Lembar Balik STBM
  10. Lembar Balik ISPA
  11. Lembar Balik Panduan Praktik Klinis Dokter Gigi
  12. Lembar Balik Penyakit Tidak Menular
  13. Lembar Balik TBC
  14. Lembar Balik Pelayanan Informasi Obat

Ads. Link Produk di Marketplace. Belanja Mudah, Cepat dan Aman


Stunting

Beli di Tokopedia

Isi Piringku

Beli di Tokopedia

Beli di Shopee

Beli di Shopee

Paket 2 Buku

Beli di Tokopedia

Paket 3 Buku

Beli di Tokopedia

Beli di Shopee

Beli di Shopee

Pinkesga

Beli di Tokopedia

PMBA

Beli di Tokopedia

Beli di Shopee

Beli di Shopee

PPK drg

 

Beli di Tokopedia

ASI Eksklusif

 

Beli di Tokopedia

Beli di Shopee

Beli di Shopee

PHBS

Beli di Tokopedia

KIA

Beli di Tokopedia

Beli di Shopee

Beli di Shopee

Contact us:

Galeri Hasna Nareswari

Jalan Sidomoyo, km. 1,2  Dukuh, Kel. Sidomoyo, Kec. Godean, Sleman, DIY (Jl. Godean km 6 Perempatan Sate Munggur/Toko Cat Lancar ke utara kira-kira 2,5 km). Telp/HP. 02742822526 Website : www.klikfarmasi.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *