Mengapa Harus Ada Leaflet, Brosur dan Flyer Kesehatan?

Keberadaan informasi untuk pasien merupakan hal yang seharusnya menjadi prioritas bagi puskesmas. Informasi dapat menjadi sarana berkomunikasi yang efektif bagi pengunjung dengan puskesmas dalam kaitannya dengan keberhasilan atas program-program yang dijalankan oleh puskesmas, baik UKM maupun UKP.

Pada umumnya media informasi yang masih menjadi andalan adalah melalui poster kesehatan yang ditempelkan pada dinding-dinding puskesmas di sekitar area berkumpulnya pasien seperti di ruang tunggu, didalam ruang pelayanan maupun di koridor-koridor yang sering dianggap strategis oleh puskesmas. Informasi dalam bentuk poster ini menjadi salah satu media yang sangat mudah untuk dibuat, selain prosesnya cukup mudah, efektif, biasanya poster ini juga tersedia dalam jumlah yang cukup di puskesmas. Umumnya puskesmas banyak mendapat poster dari program-program yang ada di Dinas Kesehatan baik Dinkes Kabupaten maupun Propinsi.

Selain poster kesehatan, dalam kaitannya dengan strategi komunikasi dan pemenuhan elemen penilaian akreditasi, terdapat leaflet (brosur) dan flyer yang dapat juga digunakan sebagai media berkomunikasi yang efektif. Selain sebagai media komunikasi, leaflet dan flyer juga mempunyai daya ungkit yang cukup besar terhadap tampilan puskesmas. Dengan penataan yang baik, leaflet dan flyer akan membuat puskesmas menjadi terlihat lebih elegan. Namun dalam hal pengadaan memang pengadaan leaflet mempunyai tingkat kerumitan yang lebih jika dibandingkan dengan poster.

Pertama dari sisi kecukupan materi.

Menyusun materi memakan waktu, tenaga dan pikiran yang cukup melelahkan. Disisi lain staf yang ada di Puskesmas secara tenaga dan pikiran terkonsentrasi pada penyusunan dokumen dan juga fokus pelayanan kepada pasien

Kedua, butuh biaya besar.

Biasanya untuk membuat leaflet dibutuhkan order minimal yang cukup besar. Untuk membuat leaflet di percetakan biasanya menggunakan minimum order antara 500 lembar sampai 1000 lembar untuk satu judul yang sama. Kisaran harga yang mahal ini pada umumnya menjadikan puskesmas cukup kesulitan dalam hal pemenuhan penyampaian informasi dalam bentuk leaflet.

Leaflet dan flyer tetap dibutuhkan oleh puskesmas.

Terlepas dari hal-hal tersebut, pengadaan leaflet dan flyer menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Apalagi kaitannya dengan pemenuhan elemen penilaian pada akreditasi puskesmas. Pada beberapa EP leaflet dan flyer menjadi hal yang wajib ada seperti :

  • Hak dan kewajiban pasien
  • Hak dan kewajiban pemberi pelayanan
  • Hak dan kewajiban sasaran program
  • Visi misi, kebijakan mutu dan tata nilai
  • Jadwal dan jenis pelayanan.

Selain kaitannya dengan akreditasi, puskesmas juga membutuhkan leaflet dalam kaitannya dengan pemenuhan beberapa program seperti misalnay : sosialisasi MR, GERMAS, STBM, PHBS yang nyata-nyata merupakan amanat Permenkes.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut anda dapat menyajikannya dalam bentuk leaflet maupun dalam bentuk flyer.

Apa bedanya flyer dengan leaflet?

Leaflet atau yang biasa kita kenal dengan brosur adalah informasi dalam bentuk cetak yang biasanya berukuran folio atau kuarto dalam bentuk tampilan dilipat menjadi 3 bagian, sedangkan jika leaflet itu “dipotong” kecil-kecil menjadi 3 bagian itulah yang dinamakan dengan flyer.

Dalam penggunaanya, flyer dan leaflet mempunyai perbedaan yang cukup menarik untuk dibicarakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengadaannya. Pembuatan leaflet lebih membutuhkan cost yang besar dikarenakan bentuknya yang besar. Sebenarnya ini juga memberi keuntungan dari sisi perluasan materi, leaflet dapat diisi conten yang lebih banyak dan lebih padat. Berbeda dengan leaflet, flyer dengan ukurannya yang lebih kecil cenderung hanya mampu memuat tema dan informasi yang sedikit.

Dalam memenuhi kebutuhan puskesmas akan leaflet kesehatan, kami telah menyediakan berbagai judul leaflet yang dapat anda pesan setiap saat. Leaflet kami sediakan dalam berbagai judul yang dapat anda pesan sesuai kebutuhan Anda. Satu hal yang sangat meringankan adalah, kami menyediakan leaflet dalam satuan pemesanan yang sangat ringan yakni minimal pemesanan 100 lembar. Leaflet kami sajikan dalam cetak Full Color dengan kertas Art Paper. Semua leaflet kami cetak dua muka (bolak-balik).


Untuk Leaflet/Brosur kesehatan kami menyediakan judul/tema sebagai berikut :

  1. Leaflet Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) lihat contoh halaman depan,  lihat contoh halaman belakang
  2. Leaflet PHBS
  3. Leaflet Diabetes lihat contoh halaman depan,  lihat contoh halaman belakang
  4. Leaflet Asma
  5. Leaflet Hipertensi dalam Kehamilan
  6. Leaflet Gizi Nutrisi untuk Lansia.  lihat halaman depan,  lihat halaman belakang
  7. Leaflet Hiperemesis Gravidarum
  8. Leaflet Pemeriksaan IVA
  9. Leaflet Etika Batuk
  10. Leaflet Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
  11. Leaflet Anemia dan Tablet Tambah Darah Edisi Cetak 2017 halaman depan,   halaman belakang
  12. Leaflet Pneumonia dan Diare (desain terbaru kami gabungkan antara pneumonia dan diare menjadi 1 leaflet)  lihat halaman depan, lihat halaman belakang 
  13. Leaflet Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Balita,  Leaflet Pentingnya Menggosok Gigi bagi Balita
  14. Flyer Instruksi Post Pencabutan Gigi
  15. Kiat Sehat Perawatan Gigi  lihat halaman depan, lihat halaman belakang 
  16. Leaflet Demam Berdarah dan Leptospirosis
  17. Informasi Obat (Cara Pakai Obat)  lihat halaman depan, lihat halaman belakang 
  18. Informasi Cara Penyimpanan Obat  lihat halaman depan, lihat halaman belakang 
  19. Leaflet GERMAS  lihat halaman depan, lihat halaman belakang 
  20. Leaflet Bahaya Rokok bagi Janin halaman depan, lihat halaman belakang 
  21. Leaflet Hepatitis
  22. Leaflet Persalinan halaman depan, lihat halaman belakang 
  23. Leaflet Napza (Penyalahgunaan Narkoba)
  24. Leaflet Pentingnya Menyusui
  25. Leaflet Program Indonesia Sehat PK dengan 12 Indikator, lihat leaflet 1 (Indikator 1 – 6)
  26. Leaflet Program Indonesia Sehat PK dengan 12 Indikator, lihat leaflet 2 (Indikator 7 – 12)
  27. Kartu Kesehatan Gigi (KMS Gigi)  lihat halaman depan, lihat halaman belakang 
  28. Leaflet Jiwa, materi gabungan antara depresi dan bebas pasung. Leaflet ini dapat dipotong menjadi 2 bagian. Lihat contoh depanLihat contoh belakang.
  29. Memerah ASI, Cara Menyimpan ASI dan Relaktasi lihat contoh depan,  lihat contoh belakang

Selain leaflet tentang kesehatan tersebut kami juga melayani pemesanan leaflet khususnya untuk pemenuhan Pendaftaran dan juga Pokja Admen kaitannya dengan hak dan keawajiban pasien, sasaran, pengguna layanan, sosialisasi visi misi, jadwal dan jenis pelayanan dan sejenisnya.

  1. Contoh Flyer Akreditasi 1  (Harus melalui proses pemesanan)
  2. Contoh Flyer Akreditasi 2 (Harus melalui proses pemesanan)
  3. Contoh Flyer Akreditasi 3 (Harus melalui proses pemesanan)
  4. Contoh Flyer Akreditasi 4 (Harus melalui proses pemesanan)

List yang tercetak tebal diatas adalah cetak baru, yakni cetak ulang yang kami lakukan pada 15 September 2017. Semua untuk memenuhi permintaan pelanggan dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang makin bermutu.

Leaflet tersebut dapat anda pesan dengan jumlah minimal mulai dari 100 lembar per judul. Silakan hubungi kami untuk informasi dan pemesanan. Untuk diketahui, bahwa kami tidak melayani pemesanan leaflet dalam jumlah kurang dari 100 lembar maupun pembelian eceran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *