Cara Pengiriman Barang dan Klaim Barang Rusak

Penggantian Barang Rusak Akibat Proses Pengiriman

Mekanisme klaim barang ini kami buat sebagai salah satu upaya win-win solution jika terjadi kerusakan akibat pengiriman barang. Kerusakan/retur barang yang rusak disepakati menjadi tanggung jawab bersama antara pihak pembeli dan penjual jika kerusakan itu diakibatkan oleh jasa pengiriman/ekspedisi

Perlu diketahui bahwa dalam proses pengiriman tidak pernah ada tanggung jawab dari pihak ekspedisi atas kerusakan barang yang terjadi pada proses pengiriman barang. Hal ini terjadi pada ekspedisi manapun di seluruh Indonesia sehingga dalam hal kerusakan, kami seringkali mengalami kerugian akibat mengganti barang yang sebenarnya dalam proses pengirimannya telah kami kondisikan dengan packing yang se-aman mungkin.

Syarat dan ketentuan klaim barang rusak :

Kami berupaya melakukan pengamanan barang dengan packing kayu dan pengaman yang dirasa cukup. Namun apabila dalam proses pengiriman terjadi kerusakan, mekanisme penggantian kami tentukan sebagai berikut :

  • Mengirimkan foto kerusakan barang dan atau kerusakan packing barang kiriman
  • Jika tidak ada kesepakatan lain pada saat pemesanan maka penggantian barang (replace) dilakukan dengan menukar barang atau pengembalian uang senilai 25% (dua puluh lima persen) dari nilai barang yang rusak
  • Penggantian barang dilakukan dengan cara : penerima/pembeli mengembalikan barang rusak dengan packing kayu yang sesuai, kemudian kami selaku penyedia akan mengganti setelah menerima barang yang rusak tersebut dengan mengirimkan barang pengganti kepada pembeli
  • Biaya pengiriman atas kerusakan barang menjadi tanggung jawab masing-masing antara penjual dengan pembeli
  • Semua barang beresiko pecah kami tandai dengan resiko pecah pada katalog. Dengan membeli berarti pembeli telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Keterlambatan pengiriman 

Setelah tercetaknya resi dan dilakukan pengiriman, maka kendali sepenuhnya bukan pada kami melainkan pada jasa ekspedisi (Pos, Tiki, JNE, dll) sesuai dengan ekspedisi dimana Anda menggunakannya sebagai jasa pengiriman.

Seringkali kami sebagai pengirim mendapat komplain keterlambatan pengiriman, proses pengiriman yang lama dan lain-lain. Mohon pengertiannya bahwa setelah barang kami kirim, kami tidak lagi dapat mengendalikan, mempercepat, atau memperlambat pengiriman, karena barang sudah sepenuhnya ada di ekspedisi.

klaim yang ditanggung sepenuhnya oleh klikfarmasi.net

  • Kami akan bertanggung jawab mengganti sepenuhnya atas barang yang rusak jika kami menyatakan pemberian garansi atas barang yang kami kirimkan di awal pemesanan.
  • Kami bertanggungjawab sepenuhnya atas penggantian barang yang rusak/salah cetak/ tidak sesuai pesanan dan kerusakan akibat kesengajaan/kelalaian dan atau kesalahan packing dari kami.

Pilihan Ekspedisi :

Pengiriman barang yang kami jual dapat dikirim melalui berbagai ekspedisi pilihan seperti :

  • Pos Indonesia, Tiki / JNE, Wahana : barang-barang bersifat umum akan kami kirimkan melalui jasa ekspedisi tersebut. Berat maksimum pengiriman adalah 10 kg. Jika barang melebihi 10 kg maka paket akan kami bagi menjadi dua kiriman.
  • Cargo Darat Udara/Laut : pengiriman barang-barang dengan berat/volume besar (lebih dari 50 kg) seperti map Rekam medik/family folder. Pengiriman barang melalui cargo darat/laut membutuhkan waktu cukup lama dengan kisaran 7 – 14 hari sampai ke alamat. Kisaran harga pengiriman melalui darat/laut ini berkisar antara Rp. 5.000,- s/d Rp. 15.000,- per kilogram tergantung alamat/lokasi pengiriman.
  • Cargo Udara : Pengiriman melalui udara hanya kami lakukan atas permintaan konsumen dengan mempertimbangkan kebutuhan yang urgen dan butuh waktu cepat. Biaya pengiriman cargo udara ini berkisar antara Rp. 20.000 – Rp.35.000,- per kilogram tergantung alamat/lokasi pengiriman.
  • Travel : Pengiriman antar kota sepanjang pulau Jawa yang dilalui oleh travel rekanan kami maupun rekanan konsumen. Jalur-jalur yang dapat dikirim melalui travel diantaranya : Surabaya, Malang, Kediri, Brebes, Bogor, Bandung, Jakarta dan area yang terlalui oleh travel.
  • Bus : Pengiriman antar kota di Sumatra yang dilalui oleh bus rekanan kami maupun rekanan konsumen. Jalur-jalur yang dapat dikirim melalui bus diantaranya : Lampung.

Tarif Pengiriman : 

Besaran tarif sesuai dengan tarif yang berlaku di tiap-tiap ekspedisi. Untuk besaran tarif yang dapat dihitung langsung hanya PT. Pos Indonesia. Selain pengiriman PT. Pos Indonesia, tarif akan kami informasikan kemudian setelah kami menghubungi pihak ekspedisi.

Perkiraan harga :

Untuk barang-barang berat seperti MAP REKAM MEDIK, kami biasa mengirimkan dengan Cargo, baik itu darat, laut maupun udara. Perkiraan ongkos kirim per kilogram adalah 5.000 s/d 25.000 tergantung dengan alamat pengiriman. Perkiraan per kilogram setara dengan 18 lembar map rekam medik.

Packing sesuai jenis barang

Cara pengiriman barang secara umum akan kami sesuaikan dengan jenis barang :

  1. Pengiriman barang berupa kertas atau dokumen atau hasil cetak akan kami kirim sengan cara pengiriman biasa sesuai dengan ekspedisi yang disepakati misalnya : Pos, JNE, Wahana atau ekspedisi lain yang dipilih oleh pemesan
  2. Pengiriman barang berat, mudah pecah akan kami kirim dengan packing kayu.
  3. Kami tidak dapat mengirimkan barang berupa TIANG (misalnya tiang untuk titik kumpul atau penunjuk arah), cairan (misalnya cairan handrub/cairan cuci tangan) dan barang-barang lain yang ukurannya memang secara ekspedisi tidak bisa dikirim.

Kami berusaha memberikan pelayanan fleksibel dan memberikan keleluasaan pilihan kepada konsumen untuk memilih cara pengiriman yang sesuai.

Kami tidak bisa mempercepat atau memperlambat

Kami tidak bertanggungjawab terhadap keterlambatan pengiriman yang diakibatkan oleh ekspedisi, karena mohon dipahami bahwa setelah terjadi proses pengiriman maka kendali dan proses sepenuhnya berada di pihak jasa pengiriman dan tidak bisa kami percepat ataupun kami perlambat.

Jangan memesan terlalu mepet

Mohon diperhitungkan waktu kirim dan rencana pemakaian dengan sebaik-baiknya. Pengiriman untuk kota-kota tertentu terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga dalam hal waktu pemesanan dan pengiriman barang sebaiknya direncanakan dengan baik sehingga pemesan mempunyai waktu yang cukup untuk pengiriman barang

Dapat mengambil sendiri di Apotek Syafana

Pemesan di wilayah Yogyakarta dapat melakukan pembelian secara langsung di Apotek Syafana, melalui Gosend atau Gojek.