Pentingnya Petunjuk Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

 

Alat pemadam kebakaran atau biasa disebut APAR merupakan salah satu perangkat untuk menunjang keselamatan pasien. Di instansi khususnya puskesmas dipersyaratkan memiliki alat pemadam kebakaran sesuai dengan luasnya gedung. Alat pemadam kebakaran ditempatkan pada posisi yang strategis dan juga mudah untuk diakses. Beberapa literatur mensyaratkan bahwa tiap 15 meter harus ada satu satu buah alat pemadam kebakaran (APAR). Namun dalam sebuah pelatihan yang diselenggarakan oleh BPBD Kab. Kulon Progo disebutkan bahwa,  boleh memasang alat APAR berdasarkan pada utilitas dengan mempertimbangkan : kemudahan akses saat terjadinya bencana kebakaran (mudah diakses), kemudian dipilih pada tempat-tempat dengan potensi kebakaran yang dipandang cukup besar (misalnya:dapur, gudang genset, akses pintu keluar pengunjung dan atau pada titik-titik dimana konsentrasi masa terkumpul misalnya ruang tunggu pasien)

Di instansi-instansi, fenomena yang masih banyak kita jumpai adalah ketidak siapan ketika terjadi kebakaran, disamping karena ketidak tahuan masyarakat, banyak juga aspek musibah yang secara tidak sengaja instansi telah turut menjadi penyebabnya misalnya untuk kondisi-kondisi seperti berikut ini :

  • Alat pemadam kebakaran tidak ada
  • Alat Pemadam ada tapi terkunci
  • Alat pemadam kebakaran tidak terjamin fungsinya ketika terjadi kebakaran
  • Isi alat pemadam kebakaran kosong atau sudah menggumpal
  • Alat pemadam kebakaran tidak dilengkapi dengan petunjuk pemakaian ketika terjadinya bencana kebakaran.

Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mengelola APAR sebagai sebuah sistem penanganan keselamatan adalah :

Pertama, penting untuk diadakan pelatihan penanganan kebakaran. Pelatihan ini dapat dilakukan dengan mendatangkan tenaga kompeten dari BPBD atau tim pemadam kebakaran. Dalam pelatihan ini selain karyawan dapat mengenali bentuk-bentuk dan tingkatan kebakaran beserta cara penanganannya, karyawan juga akan mendapatkan simulasi penngunaan alat-alat pemadam kebakaran, baik dengan APAR maupun dengan media di sekitar kita yang sebenarnya bisa digunakan untuk memadamkan api misalnya : selimut basah, karung goni basah dan lain-lain.

Kedua, pentingnya pembagian tugas saat terjadi musibah kebakaran (siapa melakukan apa). Karyawan harus dikondisikan secara sistem bahwa jika terjadi musibah akan ada orang-orang yang membagi peran “siapa melakukan apa” misalnya siapa yang menyelamatkan dokumen, siapa yang mengatur evakuasi orang, siapa yang menghubungi petugas pemadam kebakaran, siapa yang berusaha memadamkan api, dan lain-lain.

Ketiga, pentingnya pengaturan sistem evakuasi. Pada bagian ini, sistem harus mempunyai SOP (standar operasional Prosedur) mengenai penanganan ketika terjadi kebakaran, pengaturan mekanisme evakuasi melalui penataan jalur evakuasi yang benar, informasi penempatan APAR, penempatan dan juga titik berkumpul.

Keempat, pemeliharaan APAR. Pemeliharaan APAR menjadi bagian yang terpenting guna memastikan bahwa alat dapat bekerja sewaktu-waktu ketika terjadi musibah. Cara pemeliharaan APAR ini salah satunya adalah dengan cara dikocok sedikitnya setiap 1 atau 2 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar isi dari APAR tidak menggumpal. Pengocokan ini berlaku untuk jenis APAR yang terbuat dari bahan serbuk dan gas CO2. Sebagai mekanisme kontrol dapat diberikan kartu pemeliharaan pada APAR. ini dapat sekaligus menjadi bukti telusur bahwa telah dilakukan pemeliharaan terhadap APAR.

Kelima, pastikan ada petunjuk APAR dan juga tata cara penggunaan APAR di dekat alat. Ini sangat penting sebagai panduan ketika terjadi musibah kebakaran. Petunjuk harus mudah dibaca, terbuat dengan warna mencolok dan dipasang berdekatan dengan alat pemadam kebakaran.


Sebagai bagian dari keterlibatan kami dalam menyediakan perlengkapan tata graha akreditasi puskesmas, khususnya dalam memudahkan anda memperoleh petunjuk pemakaian alat pemadam api ringan (APAR) kami menyediakan petunjuk penggunaan alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

  • Bahan : Akrilik bening dengan stiker vinyl, ukuran 18 cm x 25 cm dengan warna dasar merah. Dalam 1 paket terdiri dari 3 macam (Lihat gambar)
  • Pemasangan mudah, dengan double tape foam, Anda tinggal tempel, Selesai.
  • Bisa dikirim ke seluruh Indonesia dengan berbagai jasa ekspedisi pilihan
  • Ready Stock dan dapat dikirimkan kapanpun Anda butuhkan
  • Harga Rp. 90.000/set silakan klik untuk detail 

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Contact kami 087736029494. Jika Anda membutuhkan berbagai perlengkapan untuk tata graha silakan kunjungi iklan kami lainnya :

Berbelanja lewat aplikasi di Tokopedia : dapatkan cashback melalui link berikut : 

Hubungi Kami :

  • Apotek Syafana : Jalan Sidomoyo, km. 1,2  Dukuh, Kel. Sidomoyo, Kec. Godean, Sleman, DIY (Jl. Godean km 6 Perempatan Sate Munggur/Toko Cat Lancar ke utara kira-kira 1,5 km) silakan lihat map disini
  • Telp/HP/WA. 087736029494
  • Website : www.klikfarmasi.net
  • Email : trisnoapt@gmail.com

Download gratis stiker APAR? Silakan klik disini

Katalog Produk Tata Graha Pilihan silakan klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *