Kotak Saran dan Kepuasan Akrilik

Sebagai sarana pendukung pelayanan kepada pelanggan, kotak saran merupakan perangkat yang wajib ada pada sebuah instansi. Bukan hanya wajib ada, kotak saran merupakan perangkat yang harus terawat dan siap diakses oleh pelanggan.
Sayangnya, di berbagai sarana pelayanan umum justru banyak kita temukan adalah kotak saran usang, berdebu, tidak delengkapi dengan sarana menulis saran seperti form penulisan saran, pulpen, alas atau tempat menulis saran. Bahkan masih banyak instansi yang membuat kotak saran dengan bahan kayu tertutup. Kelemahannya  adalah sulit mendeteksi/melihat saran pelanggan yang masuk karena bahan kotak saran tertutup/tidak transparan

Seberapa efektifkah kotak saran?Mana lebih efektif? call center atau sms aduan?

Kotak saran hanya salah satu sarana menjaring saran kritik dan keluhan pelanggan. Menurut saya sama-sama efektif, masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan, akan tetapi ada satu hal yang prinsip yang menjadi titik paling penting dalam pengelolaan saran adalah tindak lanjut atas pengaduan pelanggan. Jika anda melengkapi diri dengan tindak lanjut tentu akan efektif bagi instansi Anda dan akan sangat bermakna bagi saran, aduan atau bahkan sumpah serapah pelanggan. Mengelola kekecewaan orang itu tentu bukan hal yang mudah. Terkadang emosional pelanggan yang belum tentu benar jika tidak segera ditanggapi akan menjalar kemana-mana, rumitnya lagi kalau menjadi viral di media sosial.


Untuk pemesanan kotak saran, PASTIKAN KONFIRMASI ULANG model kotak saran yang tersedia melalui whatsapp, desain kotak saran kami cenderung dinamis dan berubah-ubah sesuai dengan perubahan dinamika kebutuhan akreditasi


Dalam hal pemenuhan tatagraha akreditasi puskesmas, ada substansi yang lebih penting daripada membandingkan antara kotak saran ataukah sms center. Kotak saran menjadi satu bagian dari sarana menjaring saran dan sebagai sarana berkomunikasi dengan pelanggan, dalam hal ini pasien, pengguna layanan, sasaran program dan juga masyarakat pengakses puskesmas. Jadi, dapat dikatakan bahwa kotak saran dan sms center itu mempunyai kedudukan yang sejajar dengan peran dan fungsi yang sama, yaitu salah satu sarana menjaring keluhan atau aspirasi masyarakat. Jika kita lihat lebih jauh lagi, dalam upaya menjaring aspirasi pelanggan itu secara sistem masih harus kita lengkapi dengan :

  1. Mekanisme penyampaian saran secara langsung (aduan langsung/tatap muka)
  2. Mekanisme penyampaian saran melalui forum lintas program/lintas sektoral melalui pertemuan-pertemuan dengan masyarakat
  3. Mekanisme penyampaian saran melalui media sosial (facebook, twitter, whatsapp dan lain-lain)

Dari semua hal diatas kita tentu mengaturnya menjadi sebuah kebijakan yang ditetapkan dalam bentuk SK

?

Mengapa Kotak Saran Tidak Laku dan Tidak Diminati?

Pernahkah Anda berpikir mengapa kotak saran anda tidak laku alias tidak ada saran kritik yang masuk?? Barangkali jawabannya ada di salah satu faktor berikut :

  • Kotak saran tidak terawat, tidak representatif, berdebu, kotor dan tidak menarik. Sebaiknya instansi mempunyai seorang staf/karyawan yang memang dijobkan secara khusus untuk untuk mengelola kotak saran. Karyawan dituntut responsif  bukan hanya terhadap saran yang masuk melainkan juga terhadap kebersihan dan kerapian kotak saran sebagai sebuah infrastruktur dan aset penting, bukan hanya dari aspek fisik melainkan juga secara substansi dan kepentingan instansi/perusahaan.
  • Penempatan kotak saran tidak strategis : Semestinya kotak saran ditempatkan di tempat yang terlihat, namun tidak terlalu tersentral di pusat keramaian pelayanan. Secara kultur, banyak masyarakat kita yang menganggap memberikan saran (khususnya) kritik dan keluhan ketidakpuasan adalah hal yang tabu sehingga mereka tidak terbiasa memberikan keluhan secara terbuka.
  • Tidak tersedia pulpen dan kertas untuk menulis saran. Pulpen dan kertas adalah perangkat wajib bagi sebuah kotak saran, saran biasanya bukanlah sesuatu yang bersifat terencana. Kitalah selaku peminta saran yang harus mempersiapkan agar kita dapat menerima saran dari pelanggan. Betapa ribetnya jika hanya untuk memberikan masukan, atau komplain atas sebuah pelayanan yang tidak baik pelanggan masa harus meminta kertas, meminjam pulpen pada petugas/karyawan. Tentu hal ini juga akan membuat lumbung saran yang seharusnya bermanfaat bagi sarana pelayanan menjadi tidak laku alias sia-sia. Ada baiknya juga bila Anda juga melengkapi kotak saran dengan form saran. Contoh form saran dapat Anda download disini (silakan klik link berikut : Form Saran Pelanggan Depan,  Form Saran Pelanggan Belakang
  • Kotak saran tertutup (berbahan kayu), sehingga saran yang masuk tidak terlihat dan saran yang masuk tidak pernah dibaca. Membuat kotak saran dari kayu atau bahan lain tidak menjadi masalah. Bahkan jika diolah dengan baik kotak saran berbahan kayu/multiplekpun bisa nampak indah. Akan tetapi sebaiknya pada bagian depan dibuat transparan. Anda bisa menggunakan kombinasi kayu dengan kaca maupun dengan kombinasi akrilik, atau bahan lain yang bisa memudahkan Anda mengetahui saran yang masuk
  • Tidak pernah ada tindak lanjut atas saran yang diberikan pelanggan. Tindak lanjut ini juga menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari saran pelanggan. Jika instansi concern terhadap kritik dan saran pelanggan tentunya juga harus melakukan sesuatu sebagai respon atas keluhan dan masukan dari pelanggan, termasuk tindak lanjut dan feed back yang telah dilakukan.
  • Atau boleh jadi secara kultural memang masyarakat di sekitar puskesmas lebih menyukai penyampaian saran selain daripada melalui kotak saran.

?

Kotak Saran atau kotak kepuasan pelanggan merupakan salah satu media kontrol dalam mengakomodir bagaimana pelanggan mencitrakan kita sebagai perusahaan yang care terhadap pelanggan. Di hampir semua perusahaan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kita akan dapat dengan mudah menemukan yang namanya kotak saran, dengan berbagai variasi desain namun semuanya bertujuan sama yakni bagaimana keluhan terhadap pelayanan sebuah perusahaan mendapat tempat di perusahaan tersebut. Biasanya, kontrol perusahaan terhadap penanganan kotak saran akan semakin baik pada perusahaan/instansi yang kredibel. Bagi institusi misalnya Puskesmas atau RS yang tengah berproses menuju akreditasi atau sertifikasi, bahkan kotak saran ini menjadi sarana wajib yang harus disediakan oleh sarana pelayanan kesehatan.

Kami menjual kotak saran dengan desain yang dinamis dan harga yang relatif terjangkau. Salah satu kelebihan kami adalah dalam hal customisasi ukuran dan desain. Hubungi kami untuk informasi lebih detail. Siap kirim ke seluruh Indonesia. 087736029494 (call/Whatsapp).


 

Seiring dengan permintaan pasar, kami membuat suatu desain baru yang menggabungkan antara model kotak saran kami sebelumnya yang kami modifikasi dengan penambahan berbagai sarana seperti : alas untuk menulis, sarana menyimpan form, dan yang lebih penting lagi adalah sarana untuk menampilkan tindak lanjut atas keluhan pelanggan.

Deskripsi Produk :

Bahan : Akrilik 3 mm dikombinasi dengan multiplek dan HPL sebagai alas, ukuran kotak saran 12 cm x 30 cm x 15 cm. Dimensi keseluruhan 80 cm x 60 cm x 14 cm (ukuran dapat berubah sesuai permintaan pelanggan).

Harga : Rp. 1.000.000,-

Hubungi kami :

  • 087736029494 (whatsapp/call)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *