Serba-serbi Tata Graha dan Akreditasi

Selain kesibukan dalam penataan dokumen dan bukti telusur, menyiapkan rapat, membuat notulen, sampai menyiapkan video-video menjadi pernak-pernik tersendiri dalam kaitannya puskesmas menyambut survey akreditasi. Tak kalah menariknya adalah soal tata graha.

Penataan tata graha yang artistik akan menjadi nilai tambah tersendiri selain daripada grade atau nilai akreditasi. Banyak puskesmas yang tidak terlalu mengejar status akreditasi yang tinggi melainkan lebih mengejar bagaimana sistem itu bisa berjalan dan pasien bisa lebih mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Melengkapi artikel yang pernah saya tulis sebelumnya tentang Tata Graha sebagai Keselamatan Kerja, berikut kami berikan contoh-contoh penataan tata graha di Puskesmas yang pernah kami kerjakan. Kami berusaha memadukan antara keindahan dengan tetap mengacu pada keterpenuhan standar sesuai instrumen akreditasi.

Dalam penataan tata graha secara visual banyak hal yang harus kita interpretasikan. Yang semuanya merupakan keterpaduan antara aspek seni, pemenuhan elemen penilaian dan juga sebagai informasi (baca : safety sign).

Video Tata Graha Persiapan Akreditasi Puskesmas Girimulyo II

Misalnya pada penempatan alur pelayanan, penting untuk memilih titik dimana penempatan alur pelayanan atau alur pendaftaran harus mempertimbangkan hal-hal berikut :

  • dapat dengan mudah terbaca,
  • dengan mudah dapat membantu pasien mendapatkan informasi yang jelas dan mudah dimengerti.
  • tidak menghalangi akses jalan pasien (tidak berada dikoridor yang sempit yang akhirnya membuat pasien berhenti dan menghalangi jalan pasien lain)

Contoh-contoh tersebut akan terus kami update dan dapat Anda download sebagai pengaya materi dalam mendesain puskesmas sebagai rumah pelayanan anda yang menyamankan dan membanggakan. Bukan hanya bagi Anda melainkan bagi masyarakat sekitar dan segenap stake holder puskesmas.

Kami akan terus mengupdate informasi-informasi terkait akreditasi puskesmas hingga Anda melewati proses survey hingga exit conference seperti pada tayangan video kami berikut :

Mars Puskesmas Girimulyo II pada Exit Conference Survey Akreditasi FKTP 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *